Zikir Nafas Ampuh Obati Stres

Desember 11, 2017


Halo bagaimana kabar kalian, semoga sudah pada mandi pagi semua ya... 
Apa hubungannya judul artikel ini dengan mandi pagi? Mandi pagi bisa bikin tubuh dan pikiran kita seger. penyakit males, badmood dan kawan-kawan akan KO dengan kita mandi pagi. Tak lupa pakai wewangian...
beberapa waktu yang lalu saya mengadakan suatu riset berupa wawancara dengan teman-teman yang pernah melakukan meditasi. cara maupun tujuannya pun berbeda-beda. ada yang melakukan meditasi atas dorongan pribadi karena sudah menjadi kebutuhan, ada pula meditasi yang dianjurkan serta dipandu oleh guru sekolah atau dosen sebelum masuk kelas.  Meditasi yang ditujukan  untuk melatih konsentrasi dan fokus, agar ketika masuk kelas bisa lebih rileks sehingga pelajaran dapat dimulai dengan tenang dan mungkin murid-murid akan riang. Saya pernah melakukannya ketika sekolah dulu, namun alhasil bukan fokus yang saya dapatkan, adanya malah tidur 😆
Nah, meditasi yang dilakukan atas dorongan pribadi ini biasanya mereka bukan untuk melatih fokus atau konsentrasi, tujuannya adalah untuk mendapat rasa aman dan tentram dari segala hiruk pikuk dunia. 
Sebut saja namanya Salma, teman saya yang rutin melakukan meditasi
"Tujuanmu meditasi apa?" tanya saya dalam percakapan by whatsapp
"Buat menata. menata semua yang terjadi dalam hidupku karena setiap detik segala sesuatu yang kita terima bisa berubah dari apa yang kita rencanakan semula."
Meditasi bukan hanya melatih nafas, fokus dan konsentrasi. Namun sebagian orang termasuk saya dapat mengartikan bahwa meditasi adalah salah satu mediasi kita untuk mengenali kembali diri kita sendiri. siapa kita, darimana dan untuk apa hidup di dunia ini. jika dikaitkan dengan islam saya menamakannya dengan "tawakal" atau pasrah. 
orang yang tawakal berarti menyerahkan segala urusan kepada Allah. ia akan menjadi pribadi yang tenang, menentramkan (membawa energi posotif bagi lingkungan sekitar), selalu ceria dan bahagia. hidupnya seperti tidak ada beban, ia menyerahkan segala urusan kepada Allah, membentuk jiwa yang optimistis dan tentu saja jiwa-jiwa seperti ini adalah jiwa yang disukai oleh Allah. 
Di jaman edan seperti ini memang rasanya sulit sekali menanamkan rasa tawakal. tapi sebagai agen muslim yang baik tidak ada salahnya mencoba kita kembali berkontemplasi bahwa sejatinya kita manusia ini lemah, tidak memiliki kemampuan apapun tanpa kuasa Allah. Sayangnya kita sering lupa akan hal ini, kita sudah terlena dengan gebyarnya dunia yang semakin meriah, warna warni rupanya. Sehingga ketika kita berhasil meraih sesuatu yang sesuai dengan impian kita sampai jadi orang sukses dikenal banyak orang, kita pun tanpa disadari jadi orang yang sombong atau berbangga diri. kita sering lupa bahwa segala pencapaian, kemampuan yang kita miliki seperti profesi  dokter, pilot, presiden, penulis, chef, seniman, dll adalah kuasa Allah. bukan karena kita hebat tapi karena Allah mendengar doa kita selama ini lalu kita diberi kemampuan untuk melakukannya. 
kita sering lupa akan hal ini, kita sering menjadi Tuhan untuk diri kita sendiri. Nah, kalau sudah begini ketika ada musibah ada yang sampai depresi bahkan paling buruk (maaf) sakit jiwa. ada? Banyak! 
lagi..lagi kita lupa bahwa kehidupan ini tidak ada yang abadi. Pun sama dengan perasaan sedih dan bahagia. maka salah satu solusi dari rasa suntuk atas peliknya kehidupan ini adalah mencoba menanamkan rasa tawakal dalam diri kita masing-masing. Maka demikianlah orang-orang yang sejatinya kuat. Otot Kawat Balung Wesi #halahopotho
satu bulan terakhir ini saya sedang riset meruntinkan terapi dengan metode zikir nafas. dulu saya pernah mencoba dengan metode SEFT tapi setelah saya bandingkan dengan zikir nafas ini hasilnya beda dan luar biasa dahsyat efeknya. kenapa? karena di dalam zikir nafas ini kita selalu menyematkan kalimat Allah dalam setiap nafas kita. caranya?
pertama dan yang musti wajib kita lakukan adalah tawakal atau pasrah. 
seperti cara meditasi pada umumnya. duduk rileks, tutup mata sambil membayangkan kita berada di suatu tempat yang kita ingingkan, entah itu di sebuah taman atau pantai, pokoknya yang indah-indah yaa. tarik nafas dalam-dalam secara perlahan sambil menyebut nama Allah, lalu bayangkan segala hal-hal buruk yang pernah menimpamu. patah hati misalkan atau hal-hal yang menyakitkan,kemudian  bayangkan segala yang kamu cemaskan selama ini, bayangkan kemarahan kamu kepada seseorang yang mungkin pernah menyakitimu. barangkali di titik ini kamu akan menangis, biarkan. tetap dilanjutkan setelah itu bayangkan ada sebuah cahaya berlafal Allah itu mendekatimu. dalam hati ucapkan pasrah, pasrah, pasrah. ingat bahwa kamu adalah hamba Allah yang lahir di dunia ini ditugaskan untuk beribadah, menghamba kepadaNya. ingat bahwa  Allah itu Maha Besar, Rahmat dan Rahimnya begitu luas. hal-hal yang menyakitimu itu semua tak lepas dari kehendak Allah. mungkin ini akibat dari kesalahan kamu sendiri, akibat dari dosa-dosa yang kamu lakukan. ingat bahwa manusia yang pernah menyakiti kamu itu adalah hamba Allah juga yang punya kekurangan. maafkan. sadari bahwa semua itu milikNya maka segala sesuatu yang menimpamu serahkan padaNya, biar Allah yang mengurus semuanya. selesai. sudah agak rilek. keluarkan nafas secara perlahan sambil menyebut alhamdulilah. bayangkan cahaya berlafal Allah itu masuk dari ujung kepalamu sampai keseluruh tubuhmu hingga ujung kaki sambil terus mengucap alhamdulilah. setelah selesai. buka mata pelan-pelan dan bersyukurlah bahwa sampai detik ini kamu masih diberi kesempatan hidup, masih diberi kenikmatan.
Subhanallahi wal hamdu lillahi wa laa illaha illallaahu wallahu akbar (Maha Suci Allah dan Segala Puji BagiNya dan Tiada Tuhan selain Allah dan sungguh Allah itu Maha Besar) resapi makna zikir itu sambil terus diucapkan. maka saya yakin penyakit yang bernama stres akan terbirit-birit pergi bahkan penyakit fisik pun hilang dengan sendirinya. badan jadi segar, wajah jadi bercahaya pokoknya auranya jadi beda deh. tapi sebelum melakukan zikir nafas ini usahakan wudhu dulu yaa. 
konon, zikir nafas ini dilakukan juga oleh para wali dan ulama jaman dahulu. 

kalau lagi galau sedikit langsung saja menepi sebentar lakukan zikir nafas ini. 
 kuncinya harus yakin bahwa Allah selalu ada menyertai langkah-langkah kita dan mengurus semua urusan kita. tugas kita kemudian hanya berusaha semaksimal mungkin. 

apa terapi ini bisa berlaku bagi ODGJ (orang dengan gangguan jiwa)? BISA SEKALI! 
saya tidak akan mengatakan bahwa orang dengan gangguan sikis atau ODGJ ini imannya lemah. bukan. Semua sakit pasti ada yang melatarbelakangi dan pasti ada obatnya. kalau obat medis enggak ada, kenapa kita tidak coba minta obatnya sama Allah saja. kelihatannya enggak masuk akal ya? tapi bukankah Islam sendiri agama yang tidak bisa sampai pada ilmu logika? Islam dianut atas dasar keyakinan serta kepercayaan (keimanan). logika tidak akan bisa jalan. Enggak sampai lah pokoknyaa.
kunci dari semua masalah yang menyebabkan orang itu sampai terganggu psikisnya adalah karena ia belum mengenali dirinya sendiri, dari siapa dan kembali pada tujuan ia dihidupkan ini untuk apa. Intinya sih selain belum mengenal siapa sejatinya dirinya ini juga belum sepenuhnya mengenal Allah. coba deh kalau kita baca dan meresapi 99 sifat Allah. maka hati kita akan dibuat bergetar, bulu kuduk merinding serta air mata berjatuhan... 

Di jaman edan atau lebih tepatnya masa akhir jaman ini kita sering dibuat lupa. Dunia  semakin menunjukkan kemeriahannya yang serba wah dengan teknologi canggih dan sosial media yang melenakan. berkejar-kejaran ingin meraih kesuksesan demi bisa posting di instragam mendapat pujian serta followers jutaan, jalan-jalan, makan-makan diribetkan dengan selfie dan posting agar mendapat predikat sebagai kaum berada yang senantiasa bahagia. kita tidak bisa berkelak, perasaan itu pasti pernah terbesit di otak kita yang entah nylempit dimana. Itu manusiawi. Tugas kita hanya terus meluruskan niat agar apapun yang kita lakukan, yang kita posting memiliki tujuan baik tanpa ada riya' serta ujub yang wujudnya kadang seperti angin kentut yang tak berbunyi serta tak berbau.



 Baik, selamat mencoba zikir nafas. Semoga kita semua menjadi orang yang selalu tawakal dan semoga Allah senantiasa mengiringi langkah-langkah kita.Aammin allahuma aamiin. 






You Might Also Like

9 comments

  1. Ini seperti sedang hipnoterapi ya. Dengan zikir. Ila bizikrillah tathmainnaqulub. Hati yang penuh zikir akan tenang. Makasih say ;)

    BalasHapus
  2. Sebetulnya Islam sudah lengkap banget ya menyediakan jawaban atas segala masalah manusia 😊

    BalasHapus
  3. Terimakasih kak pencerahannya, jadi ngerasa beruntung banget baca tulisan ini, aku mau membiasakn zikir nafas ^^

    BalasHapus
  4. Dzikir memang penenang jiwa yang sangat aplikatif. semakin banyak berdzikir semakin tenang.

    BalasHapus
  5. Makasih mba tipsnya.. yap drpd bengong mending zikir yaa.. drpd nangis meratapi nasib mending banyakin zikir

    BalasHapus
  6. Hmmm... baru tahu ada istilah zikir napas

    BalasHapus
  7. Aku sering banget zikir samping ketiduran , lebih tepatnya sih zikir Kren g bis tidur, hehehe. Mungkin aku pernah juga melakukan zikir bpa ini cuma aku Bru tau namanya skrg

    BalasHapus
  8. Mba Uthaaa.. bener, kadang stuck maunya refreshing kemana gitu tapi sebetulnya kedamaian ya ada di jiwa kita. Tawakal berzikir... Alhamdulillah semangat lagii ^^

    BalasHapus

Makasih sudah main, ambil yang baik-baik dari postingan ini, yang jelek tinggal ngopi aja..