Kultweet Mengolah Makanan Sehat dan Bergizi Menjadi Sumber Inspirasi

Maret 18, 2018


1.     

a   1. assalamualaikum, selamat malam teman-teman semua. bagaimana kabar malam minggu  kalian. smoga senantiasa menyenangkan dan bermanfaat ya.. baik, kita mulai dengan perkenalan dulu yaa2.  agusthaningrum sering dipanggil utha, kalau ada promo diskon pake nama agus. saya alumni tata boga unesa. pernah menjuarai lomba masak untuk anak autis. resep-resep kreasi saya pernah dimuat di tabloid masakan nasional di tahun 2013-2014 #masakjadiasik
3. Bagi saya masak tidak hanya berbagi makanan, tapi juga gagasan. Gagasan tentang apa yang kita masak. Juga gagasan tentang keindahan seputar kegiatan masak dan makan dari situlah sumber inspirasi akan terus mengalir tanpa kita sadari #masakjadiasik
4.   Dari kegiatan memasak kita bisa sambil belajar sejarah sekaligus menumbuhkan cinta kita pada tanah air. Indonesia ini negara yg sangat kaya, hal itu membuat bangsa asing berbondong-bondong ingin menguasai negeri ini. #masakjadiasik
5.  bukan pada emas atau berlian yang menjadi incaran tetapi rempah-rempahnya atau dalam bahasa jawa namanya empon-empon. Bagi kita mungin akan berdecak heran. Apa sih istimewanya rempah-rempah? helloooow..
6.   Jangan salah bagi mereka, rempah2 ini ternilai harganya melebihi emas atau berlian. Karena rempah-rempah ini banyak sekali khasiatnya bagi tubuh, selain itu ia juga mampu melezatkan masakan lho.
7.   jauh sebelum dunia micin rame di dunia meme dan mewarnai rasa pada kuliner indonesia. para nenek moyang tlah menemukan penyedap masakan di dalam salah satu bumbu jangkep atau rempah-rempah. micin alami tanpa efek samping. apa saja itu?
8.  kemiri memiliki kandungan asam glutamat yg memberikan rasa gurih serta nikmat ketika digunakan sebagai salah satu penambah bumbu masakan. saya biasanya membuat bubuk kemiri sendiri sebagai pengganti micin.
9.   bawang-bawangan itu juga membantu menyedapkan masakan selain karena aromanya yg baru disangrai sebentar saja sdh menggoda indra penciuman tetangga. kuncinya masak enak tanpa micin itu harus berani bumbu. semboyannya "berani bumbu itu baik!" tp juga harus proporsional
10.   sya sllu menekankan pda diri saya bahwa penulis itu harus hidup sehat. buat suatu masakan yang bisa jadi mood booster tapi menyehatkan. kan enggk lucu banget klo misalkan kita makan mie instant super pedes alih2 utk mood booster eh begitu buka laptop perutnya menjerit panas.
11.   11.sya sllu stok bumbu mie sendiri. bahan dasarnya kemiri dan bawang putih dihaluskan. disimpan dalam kulkas bisa utk stok sebulan. pakai mie kriting, diolah sendiri tambahkan saus tiram, lada bubuk. kalau mau pedes tambahkan cabe. bisa utk mie goreng atau mie kuah.
12.   kalo mau bkin mie kuah kasih kaldu ayam atau ceker. klo mau disederhanakan lagi kaldunya pentol itu juga bisa. tapi klo sya suka pake kaldu dri telor bebek. rasanya akan lebih menghipnotis lidah. menghangatkan jiwa raga. mood booster yg sehat dan aman.
13.  nah ini penulis biasanya cenderung berkawann dg kopi. saya kopi addict tapi maaf bukan kopi instant ya... kopi yang diracik dengan baik dan benar tidak akan membahayakan bagi tubuh justeru berkhasiat.
14.  coba perhatikan komposisi kopi instant, kopinya hanya sepersekian persen selebihnya perisa dkk. harganya murah, dua ribu persachetnya. Nah ini yg bkin asam lambung naik. lalu kopi yg sehat seperti apa?
15.  kopi racikan sendiri bahkan kalau perlu beli biji kopi lalu digiling sendiri..kalau mau kopi yg creamy ya tinggal beli creamer saja..Harganya memang jauh lebih mahal dibandingkan kopi instant, tapi sehat itu mahal. bisa lah nabung seribu perhari dlm sebulan bisa dpt kopi sehat
16.  hidup sehat itu keharusan dimulai dri memilih pola makan namun jgn sampe kebablasan, jgn nyinyirin makanan yg jelas2 halal dan diperbolehkan. misal, jgn makan cumi itu kolesterol. atau jgn makan ini nnti gendut. yg bkin gendut dan kolesterol itu jika mengkonsumsinya berlebihan
17.   jangan fokus jadi kurus tapi fokusnya hidup sehat. makanan sehat bisa jadi sumber inspirasi sekaligus energi kita dalam menulis...
18. salah satu karunia Allah di dunia ini adalah ketika km bisa makan semangkok soto dan es jeruk tanpa perlu repot menanam padi, ternak ayam, menanam jeruk sampai panen dll. bayangkan jika itu trjadi. ribet ya? maka bersyukur sebanyak-banyaknya adlh kunci utama hidup sehat.
19. terakhir. Inspirasi datangnya dari Tuhan, memilih makanan sehat yg bisa jadi mood booster adalah ikhtiarnya.. maka mintalah sllu diberikan inspirasi yg didalamnya mengandung nilai2 kebaikan sehingga karya kita akan bermanfaat dunia akhirat.
20.   saya pamit dulu ya... sampai ketemu di lain kesempatan. jika ada yg mau ditanyakan silakan DM aja di @agusthaningrum atau by email agusthawriting@gmail.com. assalamualaikum... smoga keberkahan senantiasa mengiringi langkah kita. semangat nulis ya!



You Might Also Like

8 comments

  1. sepakat banget ma kalimat ini "buat suatu masakan yang bisa jadi mood booster tapi menyehatkan. kan enggk lucu banget klo misalkan kita makan mie instant super pedes alih2 utk mood booster eh begitu buka laptop perutnya menjerit panas."
    itulah mengapa motto ku soal makanan adalah enak dan enak sekali asal tidak pedas... hahaha

    BalasHapus
  2. Materi blognya serasa nikmat karena mba Uta ini ahlinya masakan. Lebih bagus lagi chitchatnya di copas di notepad baru ke blog akan lebih rapi, jadi sedap juga dibacanya. Salam sayang buat Mba Utha ya.

    BalasHapus
  3. wah saya masih harus belajar banget memadukan bumbu-bumbu biar masakan enak. soalnya saya juga terbiasa nggak pakai msg kalau masak

    BalasHapus
  4. sy kalau masak seringnya hanya saat weekend... pas weekday dah rempong dgn persiapan ngantor. hehehe.. tp aktivitas memasak selalu asyik.. apalagi suami selalu lahap kalau makan masakan istrinya ini. hehehe.. moodbooster banget

    BalasHapus
  5. Wah aku masih suka pakai kopi instan nih jadi pengen cek juga kandungannya hehe

    BalasHapus
  6. ma kasih ya atasa shae ilmunya, bermanfaat sekali. apalagi buat saya yang punya balita

    BalasHapus
  7. kalau ada resep tentang PETE boleh mbak di share.. :D
    tapi saya suka point 10 mbak..

    BalasHapus
  8. Wah... keren ya Mbak Utha banyak juga prestasi dalam dunia memasak, aku gak pandai masak nih.. kayaknya boleh ya kapan-kapan diajarin masak sama Mbak... hehe

    BalasHapus

Terimakasih sudah mampir, komentar dan berbagi ya... smoga bermanfaat
yuuk cuus follow-memfollow juga IG aku @agusthaningrum twitter @agusthaningrum facebook agustha ningrum dan email agusthawriting@gmail.com biar makin meriah. siapa tahu ada postingan yang pas lagi kamu butuhin.