Apakah Semua Ibu Baby Blues?

Mei 02, 2020




Baby blues syndrome adalah keadaan psikologis setelah melahirkan.  Ketika seorang ibu baru melahirkan akan mengalami banyak perubahan. Suasana hati yang mendadak merasa sangat bahagia, tiba-tiba sangat sedih, menangis tanpa alasan yang jelas, merasa tidak sabar, sangat mudah tersinggung, resah, cemas berlebihan (mood swing). Berbeda dengan postpartum depression yang mana kondisi psikologis yang lebih parah dibandingkan dengan baby blues. Postpartum depression membuat penderita merasa putus harapan, merasa tidak menjadi ibu yang baik, sampai tidak mau mengurus anak, membenci anaknya sendiri bahkan sampai menyakiti.
Tidak ada yang salah dengan ibu yang mengalami baby blues. Karena hal tersebut adalah sesuatu yang normal, peralihan hormon secara drastis (badai hormon) dari hamil selama 9 bulan, lalu melahirkan. Mengubah  kebiasaan baru yang belum pernah dilakukan sebelumnya, kesibukan baru serta adaptasi di dalam rumah. Namun ibu yang mengalami baby blues perlu mendapat perhatian khusus agar tidak berangsur-angsur dan menjadi depresi atau postpartum depression. Baby blues biasanya akan berlangsung selama kurang lebih dua minggu. Jika berangsur selama satu sampai dua bulan itu sudah masuk depression postpartum.
Lalu apakah semua ibu mengalami baby blues? Tidak. Semua bergantung pada kesiapan ibu dan ayah menyambut sang buah hati. Persiapannya tentu bukan hanya secara materil seperti baju, mainan dll. Namun persiapan secara mental justeru sangat diutamakan, siap menjadi orangtua.


Ada beberapa tipe ibu yang mudah mengalami baby blues :

  • 1    Ibu yang belum siap menjadi orangtua. Belum siap dengan rutinitas yang akan dihadapi 
  • 2    Tidak sinkron antara apa yang si ibu bayangkan dengan kenyataan yang dihadapi. Sudah merencanakan banyak hal dengan detail, namun semua jadi berantakankarena satu hal sehingga apa yang sudah direncanakan jadi berantakan.
  • 3   Tidak mendapat support system yang baik di lingkungan rumah. Terlalu banyak intervensi dari orangtua mengenai mitos jaman dulu tentang ibu yang baru melahirkan banyak sekali pantangannya mulai dari gerak aktifitas yang amat terbatas, menu makan sampai pola tidur yang mengakibatkan si ibu kelelahan dan kurang asupan gizi yang baik.


Baby blues bukan hanya dialami oleh ibu saja, ayah pun sangat bisa terkena baby blues atau biasa disebut daddy blues. Sekali lagi ini adalah tentang perubahan keadaan atau kondisi yang sangat drastis. 
Daddy blues bisa terjadi ketika si ibu yang pasca melahirkan lebih sibuk mengurus bayi dan tidur lebih banyak sehingga si ayah tidak terurus, merasa kesepian, merasa tidak diperhatikan dll.
Apakah semua ibu yang melahirkan mengalami baby blues? Tidak. Berikut adalah tips dari apa yang saya alami sendiri setelah sebulan menjalani kehidupan baru sebagai orangtua
  •     Belajar tentang proses hamil sampai persalianan. Saya mengikuti child birth education private bersama doula profesional (pendamping persalinan) di kelas tersebut diajarkan bagaimana tahap-tahap persalinan yang akan dilalui apa saja rintangannya dan bagaimana cara menghadapinya dan cara merawat bayi baru lahir seperti memandikan dll.
  •  Ikhlas. Iklas menjalani takdir sebagai perempuan yang dipilih untuk mengandung anak, melahirkan serta membesarkan. Dengan rasa ikhlas seberat apapun yang kita alami semua akan terasa ringan. Perempuan diberi naluri untuk bisa melakukannya, diberikan kemampuan untuk bisa menghadapinya.

Hingga pada akhirnya semua adalah tentang kesiapan kita menjadi orangtua. Kesiapan itu muncul dibarengi dengan ilmu dan pengetahuan. Oleh karena itu sangat penting bagi calon orangtua ayah maupun ibu untuk belajar Bersama. Hamil dan melahirkan adalah tentang perjalanan spiritual yang tinggi. 
Menikmati setiap proses dan perubahan yang terjadi adalah kunci untuk mencegah baby blues



Selamat menjalankan ibadah hamil dan melahirkan di bulan puasa. Mari saatnya ibu hamil dan bapak hamil mulai #berdayadarirumah karena anak yang sehat fisik mentalnya dibesarkan oleh ibu yang bahagia.  

#inspirasiramadan #dirumahaja #flpsurabaya #BERSEMADI_HARIKE-2


You Might Also Like

1 comments

  1. A payout proportion refers to how a lot of choegomachine.com the cash spent on the machine is returned to prospects. If a payout proportion is 90%, meaning the machine pays out 90% of what it takes in. Players spin the True Blood™ bottle through the Progressive Bonus to select out} one of the main characters. Once they enter the bonus, they select from completely different objects relating to that True Blood™ character in an attempt to win the progressive.

    BalasHapus

Makasih sudah main, ambil yang baik-baik dari postingan ini, yang jelek tinggal ngopi aja..